CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS »

Friday, November 21, 2008

Lengkeng, baik bagi kesehatan tubuh

Pernahkah Anda menikmati segelas jus es kelengkeng selepas berolahraga? Pasti terbayang rasa manis dan kesegarannya yg seketika menghilangkan rasa lelah. Itu krn lengkeng mengandung senyawa penghasil energi. Tidak hanya itu, dibalik rasa manisnya, ternyata lengkeng memiliki sejuta khasiat lain yg berguna bg kesehatan tubuh.

Lengkeng termasuk anggota famili Sapindaceae. Nama lati
nnya adalah Dimocarpus longan, sedangka nama umumnya adalah "longan" atau "dragon's eye" ( mata naga). Istilah ini berasal dari Bahasa China, yaitu "long nhan" yang berarti mata naga. Lengkeng diduga berasal dari Cina bag. Selatan.

Namun, masyarakat dunia banyak yang menyangka buah ini berasal dr Thailand krn merupakan Negara produsen lengkeng terbesar di dunia.
Saat ini lengkeng menjadi primadona di beberapa Negara. Rasa manisnya disukai oleh anak2, tekstur lembutnya disukai lansia, dan kepraktisan pengemasannya disukai para koki.



Daging buah lengkeng memiliki rasa yg sangat manis krn mengandung glukosa dan fruktosa ( karbohidrat) dgn kadar yg cukup tinggi. Selain menimbulkan efek psikologis positif krn sifat manis yg dihasilkannya, glukosa dan fruktosa berfungsi sebagai penghasil energi dan penulih stamina.

Selain karbohidrat, daging buah lengkeng terkandung beberapa unsur dan senyawa lain yg penting bg kesehatan tubuh. Diantaranya adalah fosfor yg berfungsi sbg penyokong pembentukan sumsum tulang belakang serta zat besi yg berfungsi dlm produksi jumlah sel darah merah, sehingga sangat dianjurkan dikonsumsi oleh penderita keropos tulang dan anemia.

Walaupun memiliki byk khasiat, lengkeng tdk dianjurkan untuk dikonsumsi dlm jumlah yg berlebihan. Karena lengkeng memiliki kandungan alkohol yg cukup tinggi,

Selain daging buahnya, biji lengkeng jg memiliki byk kegunaan & khasiat terhadap kesehatan kulit
tdk terbatas pd peremajaan, ttpi jg pd pengobatan beberapa permasalahan kulit. Untuk menghilangkan bau badan tak sedap, dpt digunakan ramuan tumbukan biji lengkeng dan lombok hitam yg dioleskan pd ketiak. Sedangkan untuk mempercepat penyembuhan luka serta mengobati kaki gatal dan bernanah, bijinya dibakar terlebih dahulu hingga gosong kemudian ditumbuk dan ditabur pd kulit.

0 comments: